RSUD BENDAN MENDAPATKAN PENGAHARGAAN KATEGORI INFORMATIF DARI KIP PROVINSI JAWA TENGAH

Monitoring dan evaluasi Komisi Informasi kepada badan pelayanan publik bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Khususnya soal keterbukaann informasi yang diberikan pemerintah kepada publik.
“Monev kita dilakukan untuk mengidenitifikasi dan mengintervensi persoalan informasi publik. Biasanya saat ditanya soal keterbukaan informasi instansi sering jawab sudah,” kata Ketua KIP Jateng, Indra Ashoka dalam sambutannya, Kamis (21/12) malam, dalam acara penganugerahan KIP Award.
Penilaian pembaruan dan komodivikasi, inovasi, dan digitalisasi data yang dilakukan akan  mendukung kinerja badan publik dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan. Selain itu, ketersedian dokumen pengadaan barang dan jasa menjadi poin penting dalam penilaian keterbukaan informasi publik.
“Ditahun 2023 kita lakukan monev badan publik sebanyak 295 badan publik di lingkup Provinsi Jateng. Mulai dari pemerintah daerah, SKPD provinsi, rumah sakit kabupaten/kota/provinsi dan ada badan vertikal dan BUMD hingga badan publik Bawaslu dan KPU,” katanya.
Sementara Komsioner Komisi Informasi Pusat Handoko Agung dalam sambutanya menekankan monev keterbukaan informasi pada dasarnya merupakan sebuah kepatuhan terhadap standar layanan. Di Jateng, sejak sebelumnya aspek kualitas keterbukaan informasi sudah sangat baik.
“Ada tiga persoalan mendasar yang menjadi kendala keterbukaan informasi. Pertama monev ini hanya dianggap sebagai cheklist ketidaksesuaian,” katanya. Kedua, lanjut Handoko, pelaksanaan dalam evaluasi kelembagaan PPID masih kerap terbaca sebagai tanggungjawab dari Dinas Kominfo saja. Padahal PPID mesti menjadi kelembagaan bersama yang dikuatkan.
Dalam penyerahan Anugerah KIP Jateng ini ada 18 Badan Publik RSUD Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah Kategori INFORMATIF Tahun 2023 OPD se Jateng yang mendapatkan penghargaan. Adapun penilian ini dilakukan melalui monev sejak April hingga Desember 2023 melalui website, media sosial, kuisoner mandiri hingga presentasi uji publik. Dan RSUD Bendan mendapatkan Nilai 94,27. Dan Hal ini semoga menambah Semangat seluruh Civitas Hospitalia RSUD Bendan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada Masyarakat.