• Mengembangkan organisasi menjadi  pusat rujukan dengan menjalin jaringan (networking pasien ) dengan Puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan lainnya serta mengembangkan jejaring pendidikan / transfer of knowledge
  • Mengembangkan produk sesuai permintaan pasar
  • Mengoptimalkan pengembangan SDM agar dapat memberikan pelayanan yang lebih profesional
  • Mengembangkan pelayanan yang berbeda
  • Dengan kelebihan bangunan yang representatif dan peralatan yang lengkap serta penerapan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum, RSUD Bendan siap bekerja keras agar bisa bersaing memenangkan pasar dengan strategi pelayanan yang berbeda .
  • Dengan pelayanan yang tidak biasa-biasa saja, RSUD Bendan akan merubah image mutu pelayanan rumah sakit pemerintah yang tercipta selama ini, antara lain dengan pelayanan yang cepat, ramah, menyenangkan, sesuai standart, sehingga pelanggan akan selalu mengingat pelayanan di RSUD Bendan.
  • Tarip dengan “Cost Leadership “ yaitu pengenaan tarip yang memperhitungkan efisiensi dan daya beli masyarakat. Tarip ditentukan dengan Peraturan Walikota, sehingga dapat dilakukan perubahan dengan cepat, dapat menyesuaikan dengan kondisi keuangan maupun perubahan harga.
  • Pelayanan yang berbeda / Deferensiasi : memberikan pelayanan yang berbeda, lebih cepat, lebih baik, lebih ramah, menyenangkan, SAKPORE  serta mengembangkan produk yang di butuhkan masyarakat.
  • Pelayanan yang berbeda / Deferensiasi :
  1. Semua SDM menjadi agen marketing
  2. Semua SDM terlatih pelayanan prima
  3. Pelayanan  cepat dan ramah dimulai dari tukang parkir dan Satpam, dokter, perawat, petugas laboratorium, petugas radiologi, apotik, dan kasir.
  4. Tamu / pasien yang datang di terima resepsionis yang ramah, siap melayani, memberi informasi dan menangani keluhan pelanggan ;
  5. Penerima telpon terlatih dalam bahasa komunikasi yang sopan dan efisien;
  6. Dokter, perawat dan bidan ramah, senyum dan empati, memberikan pelayanan yang menyenangkan , sesuai standar;
  7. Pelayanan laboratorium : 1 jam jadi;
  8. Pelayanan Radiologi : kurang dari 3 jam
  9. Wellcome drink untuk pasien rawat inap, tas paket mini peralatan mandi untuk pasien VIP dan perlengkapan bayi untuk ibu bersalin;
  10. Pelayanan rawat di rumah termasuk  fisioterapi;
  11. Seragam : Pakaian seragam untuk tenaga medis, para medis, juga tenaga resepsionis di disain berbeda, tidak seperti seragam rumah sakit pemerintah;    
  12. Warna sprei bukan putih, tetapi di sesuaikan dengan warna dinding  Lantai 1 warna krem, lantai 2 warna hijau muda, lantai 3 warna pink muda. Hal ini bertujuan agar suasana di rumah sakit membuat pasien kerasan, dan selalu ingin kembali ke RSUD bendan jika menderita sakit lagi.

     13. Ruangan selalu bersih dan rapi.

  • Pelayanan Farmasi : idem, dikembangkan ODD, obat langsung di tangani apoteker, peningkatan ke arah pharmaceutical care, konsultasi obat, monitoring efek samping obat, antara lain pasien di sms atau telepon untuk menanyakan apakah ada keluhan setelah minum obat dll.
  • Layanan ON CALL , Antar jemput pasien rawat inap, pengambilan sampel laboratorium di rumah, layanan informasi kesehatan via telpon.
  • Manajemen komplain : diciptakan sistem seperti house keeping hotel, ada no telpon khusus yang bisa dikontak apabila pelanggan menemui masalah teknis, dan petugas akan segera menangani masalah tersebut. Sedangkan untuk keluhan yang bukan teknis, misal keluhan pelayanan, salah obat, medical error dll ada manajer khusus yang menangani.